Beberapa Gaya Kepemimipinan Dalam Perusahaan

Oleh: Edi Sugiyanto | Kategori: Kepemimpinan | Diposting pada : 4 Agustus 2012

Seorang pemimpin menetapkan dimana orang banyak berada, kemudian dilanjutkan dengan menggerakan mereka selangkah demi selangkah menuju pemenuhan suatu pandangan, tetapi juga seorang pemimpin mempunyai pemikiran positif, kebribadian, pandangan, komunikasi dan motivasi yang melandasi kepemimpinan.

Waduh, berat amat menjadi pemimpin ya, memang benar menjadi pemimpin adalah sangat berat, sebab apapun yang dilakukan harus dapat dipertanggungjawabkan baik kepada keputusannya, ataupun kaidah yang berlaku. Semua pemimpin menmperngaruhi orang banyak, namun cara yang ditempuh berbeda-beda satu sama lain, sesuai dengan berbagai macam faktor, seperti; kepribadian, organisasi tempat ia menjabat, budaya, tradisi, waktu dan sifat dari persoalan yang di berikan. Sebenarnya tidak ada cara tertentu untuk memimpin perusahaan atau organisasi.

Prinsip-prinsip dasar kepemimpinan selalu ada, namun gaya kepemimpinan bisa berubah-ubah menyesuaikan gaya mereka dalam memimpin, diantara gaya kepemimpinan yang umum digunakan adalah sbb;

PEMIMPIN YANG MENDOMINASI

Gaya kepemimpinan seperti ini selalu memusatkan perhatiannya pada penyelesaian suatu pekerjaan, dan ia melaksanakannya dengan cara memberi perintah, bisanya tidak perduli akan reaksi pengikutnya.

Pimpinan seperti ini sering manakut-nakuti dan menuntut kepatuhan yang tinggi, dengan cara komunikasi satu arah. Tetapi sisi positifnya, gaya kepemimpinan seperti ini, apa yang ingin mereka kerjakan biasanya terlaksana cepat dan dengan cara yang mereka inginkan. Keburukannya, ia sering membuat para pengikutnya sakit hati, suasana mereka penuh dengan ketakutan, dan tingkat kegelisahan mereka sangat tinggi.

PEMIMPIN  YANG BERMUSYAWARAH

Pemimpin yang sukses dengan gaya musyawarah ini selalu ingin menciptakan situasi yang meguntungkan semua pihak setiap ia memimpin.

Kepemimpinan gaya seperti ini sangat cocok digunakan terutama bila anda bekerja dengan orang-orang yang kreatif dan fleksibel, dan orang-orangnya mengabdikan diri demi kesuksesan dan kemajuan perusahaan.

GAYA MEMBUJUK

Pemimpin dengan gaya membujuk, menggunakan daya tarik lisan yang positif agar memperoleh perasaan yang sama dengannya, meyakinkan orang lain dan harus melaukan kiat-kiat tertentu. Gaya membujuk harus berpangkal dari motif dan sikap yang baik dan benar.

Percaya diri adalah intinya, seorang pemimpin seperti ini memungkinkan para pengikutnya percaya pada gagasan-gagasannya. Prinsip yang selalu dilakukan adalah, memberikan alasan yang tepat pada setiap gagasannya, selalu tulus, mampu berkomunikasi untuk mengungkapkannya kepada orang lain, dan memotivasi mereka untuk bertindak berdasarkan pandangan anda.

PEMIMPIN PANUTAN

Memberi contoh kepada orang lain adalah kekuatan yang besar dalam kepemimpinan seperti ini, contoh yang baik, akan menghasilkan tindakan yang baik pula. Prinsip pemimpin panutan adalah, orang-orang yang bergabung bersama anda jauh lebih berguna daripada orang-orang yang hanya mengekor dibelakang anda.

Pemimipin panutan, seringkali mempunyai energi positif setiap aktifitas yang dilakukan, dan bukan berjalan seorang diri, tapi berjalan dengan cara tertentu dimana orang lain akan berminat untuk bergabung bersama kita.

PEMIMPIN YANG MEMBERI KUASA

Pemimpin seperti ini akan menggunakan gaya ini dengan menjalin hubungan baik dengan orang-orangnya, menyebarluaskan pandangan positifnya, memotivasi mereka agar yakin bahwa mereka mampu meraihnya, serta menyediakan apa yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaannya. Ia ikut aktif bersama mereka dalam mencapai tujuan perusahaan.

Pemimpin yang memakai gaya ini selalu mengambil kemampuan yang ia miliki, dan memberikannya kepada para pengikutnya.

Tetapi, pemimpin yang efektif akan menggunakan segala kemampuannya dengan semua gaya tersebut diatas pada suatu waktu dan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Gaya tersebut hanya sebagian yang dapat menjadi gambaran, bahwa sesungguhnya, masih banyak gaya-gaya lain yang menempatkan pada orang-orang sukses dalam memimpin suatu perusahaan.

Jadi, gaya kepemimpinan mana yang anda gunakan saat ini ?


Edi Sugiyanto

Sekjen KPMI

Untuk menulis komentar, silakan login atau daftar terlebih dahulu.

Customer Services KPMI
Gabung di Bursa Muslim
bursamuslim
Terhubung di Jaringan
PengusahaMuslim.com RSS PengusahaMuslim.com Milis PengusahaMuslim.com Facebook Twitter