10 Kali Anda Harus Meminta Maaf Kepada Pelanggan

Oleh: Rohman | Kategori: Kewirausahaan | Diposting pada : 25 Agustus 2012

Kadang-kadang sangat sulit untuk mengambil langkah-langkah ketika Anda perlu meminta maaf. Tapi, sebagai pengusaha , Anda harus meminta maaf berkali-kali dalam karir kewirausahaan Anda.

Sebagai manusia kita bisa membuat kesalahan . Begitu juga bisnis Anda yang berisi suatu sistem terbuka dengan berbagai manusia yang melakukan pekerjaan sehari-hari yang berbeda, kesemuanya dapat membuat sebuah kesalahan.

Kadang-kadang, kesalahan dapat juga karena sbuah faktor eksternal, mungkin mitra Anda dan bahkan mungkin pelanggan setia Anda. Tapi, kadang-kadang hanya persepsi pelanggan tentang apa yang Anda perlu lakukan jika Anda melakukan sebuah kesalahan tanpa sadar.

Misalnya, Anda dapat menemukan sendiri dalam posisi di mana pelanggan Anda berpikir bahwa Anda harus meminta maaf untuk sesuatu, dan Anda pikir Anda tidak harus meminta maaf karena ini hanya suatu kesalahan remeh. Tapi ingat, Itu bisa menjadi perkara besar antara Anda dan beberapa dari pelanggan Anda.

Di sini, saya ingin menunjukkan 10 situasi yang berbeda ketika Anda harus meminta maaf, terlepas siapa yang benar dan siapa yang salah. Terkadang, permintaan maaf dapat merubah menjadi kekuatan pendorong yang hebat untuk bisnis , karena orang tahu kadang ada beberapa kesulitan ketiap akan mulai langkah seperti ini. Sebagai cara murah efektif berkualitas untuk mempertahankan bisnis dan pribadi Anda. Mari kita lihat di bawah ini:

# 1 Bila Anda membuat kesalahan.
Saya tidak berpikir bahwa kita dapat menemukan seseorang yang tidak bisa membuat kesalahan. Sebagai manusia kita membuat kesalahan yang berbeda setiap hari. 

Setiap kali ketika Anda atau bisnis Anda membuat kesalahan, Anda  sangat perlu untuk meminta maaf.

# 2 Bila Anda tidak tepat janji.
Bisnis Anda dibangun di atas janji bahwa nilai inti adalah menawarkan sebuah pelayanan pelanggan Anda. Bila Anda tidak bisa memenuhi janji, tanpa alasan tentang itu, Anda perlu untuk meminta maaf.

Misalnya, jika Anda berjanji pengiriman dalam 24 jam, dan karena beberapa alasan, beberapa kiriman Anda tidak dapat disampaikan dalam jangka waktu tersebut, Anda sangat perlu untuk meminta maaf dan menjelaskan kepada pelanggan Anda mengapa itu terjadi.

# 3 Bila Anda tidak memiliki apa yang pelanggan inginkan.
Anda tidak dapat memiliki segalanya untuk semua orang. Itu berarti Anda tidak bisa memuaskan semua orang. Tapi, Anda akan memiliki pelanggan potensial yang akan menginginkan sesuatu yang lebih yang bukan bagian dari Anda. Buka penawaran, tapi sikap ke rendah hatian Anda.

Di sisi lain, informasi itu sangat berguna untuk bisnis Anda masa depan, karena Anda dapat menggunakan informasi untuk membangun kembali atau memperbaiki penawaran Anda saat ini secara keseluruhan.

Tapi, kenyataannya adalah bahwa Anda tidak dapat memberikan saat ini. Dalam situasi seperti itu, yang terbaik adalah meminta maaf.

# 4 Ketika Anda dikritik.
Sebagai pengusaha Anda tidak aman dari kritik. Anda dapat dikritik dari karyawan Anda, pelanggan Anda, mitra Anda, pemasok Anda ...dll

Karena itu, Anda perlu mengelola kritik yang datang kepada Anda dan bisnis Anda secara keseluruhan. Beberapa kritikan harus diperhitungkan untuk meningkatkan bisnis.

# 5 Bila Anda terlambat pada pengiriman.
Kadang-kadang Anda tidak dapat memberikan produk dan jasa Anda tepat waktu. Ada dapat alasan yang berbeda tentang itu.

Dalam kasus seperti itu, Anda akan perlu untuk meminta maaf dan menjelaskan mengapa ini terjadi.

# 6 Ketika sesuatu yang salah.
Sering kali sesuatu akan salah, berbeda dari yang Anda rencanakan. Ketika kita membuat rencana bersama, dan mencoba untuk membuat asumsi tentang masa depan. Tapi, banyak asumsi tidak akan sejalan dengan realitas kita.

Anda perlu meminta maaf ketika terjadi kesalahan.

# 7 Ketika karyawan Anda mengacaukan sesuatu.

Jika karyawan mengacaukan sesuatu, Anda adalah orang yang perlu minta maaf tentang itu. Karrena karyawan bagian dari bisnis Anda

# 8 Ketika pemasok Anda membuat kesalahan.
Kadang-kadang beberapa kesalahan didasarkan pada kesalahan dari pemasok Anda. Tapi, kenyataannya adalah bahwa pelanggan Anda tidak peduli dengan hubungan Anda dengan pemasok Anda.

Karena itu, Anda perlu untuk meminta maaf kepada pelanggan Anda, bukan pemasok Anda. Mereka (pemasok) tidak memiliki hubungan dengan pelanggan Anda.

# 9 Bila Anda berpikir bahwa Anda perlu untuk meminta maaf.
Kadang-kadang Anda bisa merasakan bahwa Anda hanya perlu meminta maaf untuk sesuatu. Ketika Anda berada dalam posisi tersebut, lebih baik untuk mengambil langkah itu, dan menjelaskan apa yang Anda pikirkan dan apa yang Anda akan perbuat tentang itu.

# 10 Ketika Anda berpikir bahwa Anda tidak perlu minta maaf, tetapi pelanggan Anda harapkan dari Anda untuk meminta maaf.

Untuk menulis komentar, silakan login atau daftar terlebih dahulu.

Customer Services KPMI
Gabung di Bursa Muslim
bursamuslim
Terhubung di Jaringan
PengusahaMuslim.com RSS PengusahaMuslim.com Milis PengusahaMuslim.com Facebook Twitter