Kiat Berani Memulai Bisnis (i)

Oleh: Agus Santoso | Kategori: Kewirausahaan | Diposting pada : 26 November 2012

KIAT BERANI MEMULAI BISNIS (I)

Oleh ; Agus Santoso

Dalam berbisnis mutlak diperlukan keberanian. Penentuan langkah awal untuk berbisnis merupakan perpaduan harmonis antara perhitungan matematis tentang laba/rugi, pengetahuan, naluri bisnis, dan keberanian. Bahkan yang terakhir, secara ekstrim bisa disebut “faktor nekad”dengan porsi “otak kanan” lebih dominan dibanding otak kiri.

“When you see a successful business, it means someone has made a courageous decision!” . Bilamana Anda melihat bisnis yang sukses, berarti telah ada seseorang yang telah mengambil keputusan dengan berani. Demikian begawan ekonomi, Peter Drucker menegaskan.

 

Ada sebuah kekuatan yang sering tidak disadari oleh kebanyakan orang. Kekuatan itu adalah IMPIAN. The Power of Dream. Sebuah impian, harapan, cita-cita akan menjadi sumber inspirasi dan motivasi untuk meraih kesuksesan. Setiap orang bisa dipastikan punya impian. Masalahnya, bisakah ia menjadikan impiannya itu sebagai sebuah kekuatan dan mengkonversinya menjadi kenyataan?

 

Secara teoritis dalam ilmu manajemen, impian adalah “goal”. Artinya tujuan yang telah ditetapkan untuk diraih. Sebagaimana kapal berlabuh tentu memiliki tujuan. Pesawat terbang mengudara tentunya telah ditetapkan ke mana ia akan mendarat, dst.

 

Setelah impian ditancapkan, langkah berikutnya adalah mengelola potensi diri. Hilangkan rasa takut gagal, kelemahan, kekecewaan, pesimis dan berbagai hal negatif lainnya. Munculkan energi positif : semangat, kekuatan diri, optimis, dsb. Pemahaman kekuatan diri secara mendalam mutlak diperlukan.

Untuk menulis komentar, silakan login atau daftar terlebih dahulu.

Customer Services KPMI
Gabung di Bursa Muslim
bursamuslim
Terhubung di Jaringan
PengusahaMuslim.com RSS PengusahaMuslim.com Milis PengusahaMuslim.com Facebook Twitter