#7 Tips Membangun Toko Online Yang "menghasilkan"

Oleh: Wahyu Putra | Kategori: Kewirausahaan | Diposting pada : 6 Januari 2013

Bismillah, Alhamdulillah.

Toko Online merupakan bukan barang baru di Indonesia. Semenjak boomingnya beberapa tahun lalu, perkembangan toko online di Indonesia tumbuh dengan angka yang signifikan seiring dengan tumbuhnya jumlah netizen (pengguna internet) di Indonesia.

Pertumbuhan ini dapat dilihat dari sebagian besar spanduk, kartu nama atau brosur bisnis yang ada setidaknya tercantum alamat website di dalamnya, baik itu sebagai portfolio, company profile ataupun e-commerce. Intinya, semua berramai-ramai menggunakan media online ini sebagai salah satu senjata untuk mengepakkan sayap bisnisnya lebih luas lagi.

Dahulu, saat jumlah toko online masih sedikit jumlahnya, sedikit pula saingan yang ada untuk pasar online. Namun saat ini semua saling berlomba-lomba dalam menjaring market di 'dunia' yang satu ini. Setuju atau setuju?

Banyak ilmu yang bertebaran untuk membuat sebuah website gratis maupun yang berbayar jika kita mau googling. Namun sejatinya saat ini bukan lagi cara membuat website yang menjadi kesulitan. Melainkan cara Membangun dan Merawat website menjadi sebuah senjata yang benar-benar MENGHASILKAN dan PROFITABLE. Bukan hanya sekedar pajangan semata yang hanya berguna untuk diletakkan di kartu nama.

Berikut saya rangkum #7 Tips Ampuh dari beberapa tips yang ada untuk Membangun Toko Online yang "MENGHASILKAN":

#1 - Well-Designed
Merujuk pada ilmu Interaksi Manusia & Komputer, selayaknya website kita haruslah mudah dimengerti oleh orang awam sekalipun. Gunakan background yang tidak membuat mata pusing, paduan warna yang tidak mencolok2 mata, tidak banyak iklan2 (mau jadi e-commerce atau jadi web iklan???), dan posisi navigasi link yang normal (menu utama terletak pada header atas atau sidebar atas). Kalau perlu buat tata cara menggunakan website dalam tahap singkat yang digambarkan dgn grafis yg menarik. Visitor yg Nyaman menjadi Pelanggan yg Loyal :)

#2 - SEO-FRIENDLY
Tidak usah muluk2, pemilihan domain yang tepat pun bisa menjadi senjata ampuh untuk menjaring konsumen dalam waktu singkat. Misalkan anda memiliki toko dengan nama Sumber Sehat yang menjual beragam produk herbal, maka anda akan memilih nama domain yg memiliki kata kunci herbal, misal www. HerbalSehat .com ketimbang nama www. SumberSehat .com.
Understand? Gunakan Google Keyword Tool untuk melakukan analisis keyword lebih dalam (Buka diĀ https://adwords.google.com/o/KeywordTool)

#3 - Pasang Online Status Messenger atau TIDAK Sama Sekali
Layanan messenger seperti Yahoo! Messenger merupakan alat yg bisa digunakan untuk berkomunikasi antara seller dan buyer. Namun apa jadinya jika toko online yang memasang widget Online Status Yahoo! Messenger namun selalu OFFLINE? Visitor akan beralih ke toko online lainnya yang ONLINE. Kalau lebih sering offline lebih baik lepas widget-nya lalu pasang nomor kontak yg BESAR dan mencolok agar visitor langsung melakukan kontak via nomor yg bisa anda respon dgn cepat. Konsumen sekarang ingin yg instant, praktis dan CEPAT bukan?

#4 - TRUST
Membangun kepercayaan di Toko Online tak ubahnya seperti membangun kepercayaan di dunia nyata. Kumpulkan testimonial lalu pasang di website. Pasang alamat yang jelas di website, kalau perlu foto toko anda dimana berada. Buat halaman profil mengenai bisnis anda, dan siapa anda. Lebih bagus ada filosofi, visi misi, sejarah atau apapun yg menggambarkan bisnis anda itu memang nyata. Selebihnya, bangun track-record yang baik dalam berbisnis, seiring bisnis berjalan, kepercayaan pun terjalin. Intinya, di Dunia Maya, penjual dan pembeli tidak saling tatap muka, maka hanya kepercayaan saja lah yang membuat uang dapat ditransfer dari buyer dan seller.

#5 - "HIDUP"
Visitor tidak akan melakukan transaksi pada toko online yang terlihat usang tidak dirawat hingga berdebu. Rawatlah toko online anda, buat jadwal untuk update produk atau update artikel yg berkenaan dgn produk anda untuk membuatnya menjadi hidup. Buat promo-promo secara berkala untuk menghidupkan toko online anda. Atau bisa saja anda pasang fitur seperti widget Radio Dakwah Sunnah, atau Al-Quran Player yang bisa membuat website anda hidup. Rumah yg dibacakan ayat Quran didalamnya saja bisa menjadi hidup tidak seperti kuburan hehe ;)

#6 - "GIVING WHEN SELLING"
Memberi ketika Berjualan. Kedengarannya aneh? Jualan kok ngasih gratisan? Tapi tunggu dulu... Ini merupakan trik yang ampuh lho! Lihat perilaku orang yang kalau ditawari jualan pasti sukanya menghindar, kalau ada sales datang ke rumah pasti menghindari dengan 1000 bahasa. Namun kalau ada yang ngasih GRATISAN? Wuih, ngerubung kayak semut bertemu gula! Sama seperti sedekah, semakin banyak memberi, banyak pula kembalinya -Insya Allah- Maka, berilah sesuatu yg GRATIS di toko online anda. Baik apakah itu E-Book Gratis, atau sample gratis atau artikel gratis yang senantiasa anda tulis setiap hari, maka itu akan menjadi leverage yang ampuh. Di website pribadi saya menjual Template Toko Online, namun disana saya banyak memberi Gratisan yang bermanfaat mulai dari produk maupun tips yang saya buat orisinil. Dan efeknya? Produk saya laris manis, visitor mengambil manfaat dari gratisan saya, dan pastinya doa dari para visitor yang ber-terima kasih atas gratisan-nya :)

#7 - BRANDING
Kalau mau beli air mineral, anda memilih A Q _ A
Kalau mau beli pasta gigi, anda memilih PEP _ _ _ _ N T
Kalau mau beli mie instant, anda memilih I N _ _ M _ E
Nah seandainya anda berjualan produk herbal, maka ketika orang lain mencari toko online herbal, akankah mereka menyebut domain anda?
Yang membuat konsumen mengingat sebuah brand salah satunya selain sering "ngiklan", yakni FAKTOR UNIQUENESS yg berbeda dengan toko online kebanyakan. Mungkin itu dari segi Kelengkapannya, mungkin dari segi Kenyamanannya, mungkin dari segi Pelayanannya. Buatlah faktor unik anda sendiri!

Masih banyak tips-tips lain yang dapat diulas. Semoga 7 tips ini dapat bermanfaat bagi teman-teman Pengusaha Muslim dalam berbisnis. Semoga kita dapat menjadi hamba yang amanah, jujur, dan bertaqwa semakin dengan bertambahnya rezeki yg dimiliki. Aamiin.

Barakallaahu Fiikum,
Bogor Mendung Menjelang Maghrib

Untuk menulis komentar, silakan login atau daftar terlebih dahulu.

Customer Services KPMI
Gabung di Bursa Muslim
bursamuslim
Terhubung di Jaringan
PengusahaMuslim.com RSS PengusahaMuslim.com Milis PengusahaMuslim.com Facebook Twitter