Menjadi Pemimpin Sejati

Oleh: Doni Agustono | Kategori: Kepemimpinan | Diposting pada : 24 April 2013

Menjadi Pemimpin Sejati

Menjadi pemimpin bukanlah sesuatu yang mudah, apa lagi jika ingin menjadi pemimpin yang abadi. Pemimpin abadi adalah pemimpin yang mampu memberikan inspirasi bagi para pemimpin yang hidup setelahnya. Oleh sebab itu, pemimpin abadi dapat pula disebut sebagai pemimpin para pemimpin (Leading The Leaders).

Untuk menjadi pemimpin para pemimpin, seseorang harus melalui beberapa tahapan, yaitu: Pertama, mampu memimpin diri sendiri (self leadership). Tahapan ini adalah tahapan yang sangat penting, karena tidak mungkin seseorang bisa memimpin orang lain jika dia tidak mampu memimpin diri sendiri.

Syarat utama untuk menjadi pemimpin yang mampu memimpin diri sendiri adalah harus memiliki rasa tanggung jawab (sense of responsibility). Dalam sebuah riwayat Rasulullah Saw bersanda, “Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap kamu akan diminta pertanggungjawaban berdasarkan apa yang kamu pimpin.”

Seorang yang memiliki self leadership yang baik adalah seorang yang mampu bertanggung jawab untuk mereka sendiri. Dia tidak akan melemparkan tanggung jawab kepada orang lain, apa lagi kepada orang banyak. Dia tidak akan berusaha mencari kambing hitam. Dia akan bersikap sportif, dan berani menanggung resiko.

Kedua, mampu memimpin orang lain. Setelah mampu memimpin diri sendiri, maka tahapan berikutnya adalah belajar memimpin orang lain. Dalam memimpin orang lain, syarat utama yang harus kita miliki adalah kemampuan mempengaruhi orang lain.

Kemampuan mempengaruhi orang lain akan lahir dari orang yang mampu memanfaatkan ‘kekuatan komunikasi’ atau the power of communication. Kekuatan komunikasi memiliki peran yang sangat besar dalam mempengaruhi persepsi orang lain. Kekuatan ini sangat berguna ketika kita memimpin dan berinteraksi dengan orang yang memiliki sifat, karakter, keinginan, kebutuhan, dan kecenderungan yang berbeda-beda.

Untuk menulis komentar, silakan login atau daftar terlebih dahulu.

Customer Services KPMI
Gabung di Bursa Muslim
bursamuslim
Terhubung di Jaringan
PengusahaMuslim.com RSS PengusahaMuslim.com Milis PengusahaMuslim.com Facebook Twitter