8 Kunci Sukses Mengelola Toko Online

Oleh: Budhi Tjahjono | Kategori: Bisnis Online | Diposting pada : 6 Juli 2011

Dari sebuah seminar tentang sukses memadukan bisnis online dan offline, pak Nukman Luthfi seorang pakar bisnis online memaparkan mengenai kunci keberhasilan pada bisnis online, lebih spesifiknya bisnis melalui toko online. Kunci keberhasilan itu ada 8 yaitu:

  1. Lokasi: maksudnya adalah lokasi dari website toko online kita, lokasi disini adalah nama domain yang kita pergunakan untuk toko online kita, misalnya tokobaju.com, jualcelana.com. Nama lokasi atau nama domain ini sebainya terdiri dari 1 atau 2 kata saja serta mudah diingat, kemudian hindari penggunaan tanda – (dust), jadi jika terdiri dari 2 kata maka sebaiknya disambung saja, seperti yg sudah dicontohkan. Selain itu sebaiknya menggunakan domain .com atau .co.id karena akan lebih mudah diingat dan populer.

  2. Amanah/Trust: produk harus ditampilkan sebagus mungkin agar pembeli tertarik, dalam hal ini foto produk yang dipasang sangat menetukan. Kemudian jika barang yang diterima pembeli maka gantilah dengan yang baru, juga pembeli boleh tukar jika barang tidak sesuai dengan yang dikehendaki, asal kondisi barang amsih utuh.

  3. Gaya Hidup Online: paling tidak kita konek ke internet selama 2 jam sehari, memiliki akun twitter, FB, e-mail, YM.

  4. Pembayaran: untuk pembayaran biasanya dilakukan secara transfer antar bank sebanyak (45%) dan bayar ditempat/COD sebanyak 45%.

  5. Kemasan + Distribusi: cara pengemasan harus menarik dan tidak asal-asalan.

  6. Online Presence/Toko Online: tampilannya harus bagus dan menarik.

  7. e-MarketPlace: memanfaatkan e-MarketPlace untuk memajang barang, titipkan barang dagangan Anda disitu agar lebih dikenal.

  8. Online Marketing: suatu proses yang terdiri dari Attract (untuk menarik pengunjung), Engage (visitor mau membuka banyak page yang ada di toko online kita), Retain, Learn dan Relate.

Untuk mencapak kesuksesan dalam menjalankan toko online ini maka kita harus menjalankan semua proses dari point 1 sampai dengan point 8 dan tidak boleh ada yang terlewati.

(Mau belanja souvenir pernikahan kunjungi www.kinanthisouvenir.com)

artikrl bagus..
Muhammad Insan Kamil · 2 April 2011

bismillah, mudah2 an toko onlineku bisa sukses www.tokone-ziera.blogspot.com
Susi Erawati · 20 April 2011

amin...
Sasongko Bawono · 15 Oktober 2011

jazakallahu khayran alhamdulilah bermanfaat
Mayangsari Pecinta Bintang · 29 Desember 2012

Untuk menulis komentar, silakan login atau daftar terlebih dahulu.

Customer Services KPMI
Gabung di Bursa Muslim
bursamuslim
Terhubung di Jaringan
PengusahaMuslim.com RSS PengusahaMuslim.com Milis PengusahaMuslim.com Facebook Twitter