Gunakan Rekening Resmi Dan Cantumkan Di Toko Online Anda

Oleh: Budhi Tjahjono | Kategori: Bisnis Online | Diposting pada : 6 Juli 2011

Dari sebuah milis, tadi pagi saya baca email yang menceritakan tentang seorang pembeli dari sebuah toko online yang mendadak menerima tagihan dalam jumlah cukup besar dari pemilik toko online, karena dianggap belum membayar atas semua transaksi yang sudah dilakukan selama ini. Padahal si pembeli selalu melunasi setiap tagihan yang diajukan kepadanya ketika melakukan transaksi dengan pihak toko online. Lha terus kemana larinya uang pembayaran selama ini?

Ternyata selama beberapa kali melakukan transaksi online, si pembeli ini dilayani oleh sales dari toko online tersebut, dan sales tersebut tidak hanya menjadi perantara antara pembeli dan pihak toko online saja tetapi juga menggunakan rekening pribadinya untuk menerima pembayaran dari pembeli toko online tersebut.

Nah rupanya selama ini sales toko online tersebut melakukan hal yang kurang terpuji karena dia “memakan” uang pembayaran transaksi yang seharusnya menjadi hak pemilik toko online. Disinilah sebetulnya titik kesalahannya, bukan hanya si sales yang salah, tetapi pemilik toko online juga masih kurang tepat dalam mengelola toko onlinenya.

Kesalahan pertama, pemilik toko online tidak mencantumkan nomor rekening Bank miliknya pada website toko onlinenya. Nah karena tidak memasang nomor rekening maka si pembeli tidak tahu pasti berapa sebenarnya nomor rekening resmi dari toko online, keaadaan seperti ini digunakan sang sales untuk “main-main” dengan menggunakan nomor rekening pribadinya.
Jadi perlu diingat cantumkan nomor rekening kita sebagai pemilik toko online pada website kita agar pelanggan mengetahui dengan pasti nomor rekening resmi yang digunakan untuk semua transaksi pembayaran.

Kesalahan kedua, tampaknya pemilik toko online kurang koordinasi dengan pihak salesnya, sehingga dia tidak tahu kalau ada “permainan” antara  sales dan orang-orang dibawahnya, karena tentunya pemilik toko atau karyawannya tidak akan melepas barang sebelum ada transfer pembayaran.

Jadi kesimpulannya jangan takut untuk mencantumkan nomor rekening pada website toko online kita, dan pastikan uang pembayaran telah benar-benar masuk ke rekening kita sebelum kita melepas barang kepada pelanggan kita

(Anda sedang mencari souvenir untuk acara pernikahan, kunjungi www.kinanthisouvenir.com)

Untuk menulis komentar, silakan login atau daftar terlebih dahulu.

Customer Services KPMI
Gabung di Bursa Muslim
bursamuslim
Terhubung di Jaringan
PengusahaMuslim.com RSS PengusahaMuslim.com Milis PengusahaMuslim.com Facebook Twitter