Berpikir Layaknya Pengusaha

Oleh: Edi Sugiyanto | Kategori: Kepemimpinan | Diposting pada : 4 Juli 2011

Suatu ketika dalam diskusi antar CEO di Thaliland, seorang sahabat pengusaha dari Bangkok bertanya kepada saya, Apa yang menginspirasi Anda memulai Bisnis ?

Kalau yang bertanya bukan dalam forum CEO, tentu tidak membuat saya tercengang mendengar pertanyaan seperti itu, masalahnya, kenapa baru sekarang pertanyaan itu terlontar, kenapa tidak dari dulu-dulu pertama kali bertemu.

Saat berpikir tentang usaha anda, apa yang anda harapkan ? Kaya Raya ? menyalurkan kreativitas ? fleksibilitas yang lebih besar dalam hidup ?
Apakah anda membayangkan bekerja sendirian atau membangun perusahaan bersama para pegawai yang lain ?
Apakah anda berharap perusahaan anda tumbuh makin besar atau tetap kecil ?

Saat anda membangun dan menjalankan suatu usaha, kita perlu tahu apa yang memotivasi anda agar anda dapat menciptakan sebuah perusahaan yang mampu memberikan jawaban atas kebutuhan-kebutuhan tersebut. Jika tidak, bisa jadi anda justru akan menghancurkan hasil kerja keras anda sendiri.

Ada 4 setidaknya yang paling memotivasi para pengusaha dalam menjalankan bisnis, mana diantara ke 4 ini yang paling memotivasi anda ? :

1. KREATIVITY (kreativitas) : Para pengusaha selalu ingin menunjukkan diri, disamping untuk mencari nafkah, tetapi juga sebagai cara dalam meciptakan sesuatu yang menunjukan ciri khas mereka, baik desain, nama produk, manageman dan budaya perusahaan. Anda pasti ingin agar usaha anda tidak hanya masalah uang, tetapi juga agar usaha anda dapat memberikan sumbangan yang bermanfaat bagi Umat.

2. CONTROL (kendali) : Sebagian besar orang memulai usaha karena ingin mengendalikan sendiri hidup mereka. Mungkin kita ingin menentukan sendiri jam kerja, agar kita banyak waktu untuk keluarga.

3. CHALLENGE (tantangan) : Jika anda membangun atau mengembangkan sebuah bisnis, jelas anda adalah orang yang suka tantangan, setidaknya dalam tingkatan tertentu. Anda suka memecahkan masalah dan mengambil resiko, menikmati tugas dan merancang proyek-proyek baru.
Orang yang haus tantangan bisa jadi menjadi pengusaha sukses, tetapi bisa juga menjadi musuh besar bagi diri mereka sendiri. meloncat dari suatu gagasan atau kegiatan usaha dari satu usaha ke usaha yang lain dapat melupakan tujuan-tujuan perusahaan pada awalnya, maka harus dengan cara yang positif, untuk dapat mencurahkan usaha yang cukup untuk masing-masing kegiatan.

4. CASH (uang) : Semua pengusaha ingin mendapatkan uang atau keuntungan materi. Ada yang berusaha untuk sekedar tambahan penghasilan, tetapi juga ingin memperolah banyak uang untuk membeli keperluan dalam hidupnya.

motivasinya bagus,seoarng pengusaha harus mempunyai salah satu dari ke 4 motivasi tsb....kalau saya suka yang challenge,saya suka tantangan
Bahrun · 10 Juni 2011

Apa yang menginspirasi Anda memulai Bisnis? >> Hmm... selayaknya dipikirkan oleh setiap orang yang sudah memulai usaha ya Pak. Luruskan niat, lalu sempurnakan ikhtiar.
Haryo P · 25 Mei 2012

Untuk menulis komentar, silakan login atau daftar terlebih dahulu.

Customer Services KPMI
Gabung di Bursa Muslim
bursamuslim
Terhubung di Jaringan
PengusahaMuslim.com RSS PengusahaMuslim.com Milis PengusahaMuslim.com Facebook Twitter